BAB 5 Mengembangkan Usaha Produk Perangkat Keras

 A. Pengetahuan Umum Tentang Pengembangan Usaha

Adalah tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan  dan   pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha. 

1.  Unsur- Unsur dalam Pengembangan Usaha

   Pengembangan usaha dibangun dalam 2 aspek, yaitu aspek internal dan eksternal.

  a. Unsur yang Berasal dari dalam (Pihak Internal)

   berikut unsur-  unsur pengembangan usaha

  • adanya niat dari si pengusaha/ wirausaha untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih              besar.
  •      Mengetahui teknik memproduksi barang seperti berapa banyak barang yang harus di produksi
  •     Membuat anggaran yang bertujuan seberapa besar pemasukan dan pengeluaran produk


b. Unsur dari Pihak Luar (Pihak Eksternal)

    Berikut unsur- unsur pengembangan usaha yang terdapat di dalam luar diri:

  1. mengikuti perkembangan informasi

  2. Mendapatkan dana tidak hanya mengandalkan diri seperti meminja dari luar

  3. Mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang baik/ kondusif untuk usaha

  4. Harga dan kualitas ialah unsur strategi yang paling umum ditemui.

  5. Cakupan Jajaran produk


2.  Tahapan- tahapan dalam Pengembangan Usaha

    Pengembangan usaha memiliki tingkat yang berbeda. Level atau tingkatan tersebut menjadi produk,       komersial dan korporasi. berikut adalah tingkatan- tingkatan pada pengembangan usaha.

  • Tingkat Produk

    Tingkat perkembangan usaha dibagi menjadi satu kategori yaitu perkembangan                         incremental. 

  •    Tingkat Komersial

   Contoh bentuk pengembangan usaha di tingkat komersial adalah  berburu pelanggan baru     di                   segmen         pasar yang baru.

  •   Tingkat Korporasi

    Tingkat korporasi berkaitan dengan analisis bisnis portofolio, keuagan perusahaan, hukum     kontrak,         hukum pajak, hukum sosial dan manajemen budaya.

3. Hal- hal yang Harus Diperhatikan sebelum Melakukan Pengembangan Usaha

Saat bisnis telah berkembang, pelaku bisnis layak untuk memikirkan ekspansi. Selain memperluas jaringan, ekspansi bisnis juga diperlukan untuk efisiensi serta menambah profit usaha. Tapi, terkadang ekspansi bisnis justru mengantarkan pelaku bisnis pada jurang kehancuran. agar seorang tidak mengalami hal tersebut, berikut adalah beberapa hal yang  harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk ekspansi bisnis.

a. Buat Perencanaan

b. Jangan Berlebihan

c.  Saran dari Profesional

d. Rancang Jadwal Manajemen Proyek Ekspansi

e. Informasikan Konsumen

f. Umumkan Ekspansi yang Telah Anda Lakukan


4. Permasalahan dan Solusi dalam Pengembangan Usaha 

    Berikut adalah permasalahan- permasalahan yang serind dijumpai dalam pengembangan usaha  beserta solusinya 

a.    permasalahan dalam pengembangan usaha
1)    Kurangnya permodalan
kurangnya permodalan UKM disebabkan karena mengandalkan modal dari pemilik yang
jumlahnya terbatas, sedangkan modal pinjaman dari bank sulit diperoleh karena
persyaratan administratif dan teknis yang diminta oleh bank tidak terpenuhi.
2)    Kesulitan dalam pemasaran produk
Dapat berakibat over produk sehingga tidak ada pemasukan bagi pengusaha.
3)    Persaingan usaha yang semakin ketat
Hal ini mendesak para pengusaha bersaing dengan pengusaha lainnya. Bagi pengusaha yang kalah bersaing akan mengalami gagal produk.
4)    Kesulitan bahan baku
Merupakan factor yang sangat vital. Jika tidak ada bahan baku, perusahaan tidak bias melakukan kegiatan usahanya.
5)    Kurangnya keahlian teknis dan tenaga ahli
b.       Solusi dalam pengembangan usaha
1)    Modal dapat diperoleh dari luar  (pinjaman bank, hibah, dsb)
2)    Membuat saluran pemasaran yang luas
Bias di ekspor keluar negeri, sehingga produk akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat.
3)    Menerapkan strategi usaha
Menerapkan strategi penjualan (membuat diversivikasi produk, menemukan produk baru, dsb)
4)    Memilih lokasi yang strategis dalam usaha
5)    Merekrut tenaga ahli dengan cara melakukan seleksi
5.       Langkah-langkah dalam mengembangkan usaha
a.       focus pada satu produk/jasa à pasarkan à promosikan àjualàpengembangan
b.       kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa
c.        cari cara untuk meningkatkan penjualan. contohnya membeli satu dapat 2, kartu diskon kunjungan
d.       mulai mempekerjakan karyawan
e.       membuat website untuk mengiklankan produk secara online
f.        bergabung dengan bisnis lain
g.       mulai memasarkan ke pasar lain
h.       cari cara baru yang berbeda untuk memasarkan bisnis melalui email newsletter
i.         kembangkan ke lokasi lain
j.         pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis dengan jalan waralaba (peluang bisnis)
B.      Menganalisis Perkembangan Usaha
Perkembangan usaha adalah proses dalam pertambahan jumlah karyawan, peningkatan modal, dan lain-lain.
1.       Ciri-Ciri Perusahaan yang Berkembang
a.       Kinerja keuangan
Kinerja keuangan diperlukan sebagai :
·         alat ukur untuk mengukur kesehatan perusahaan.
·         Media pengukur subyektif yang menggambarkan efektifiats penggunaan aset oleh sebuah perusahaan.
Laporan keuangan merupakan gambaran dari suatu perusahaan pada waktu tertentu, digambarkan dengan  menggunakan siklus/periode akuntansi.
Laporan keuangan juga sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telas dicapai oleh perusahaan.
b.       Perluasan pasar
TUJUAN
1)      Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar produk
2)      Aman dari dominasi pertumbuhan pasar
3)      Restrukturisasi pasar yang matang oleh manufer dari competitor
4)      Meningkatkan penggunaan oleh pelanggan yang ada.

Kegiatan perluasan pasar
  • 1.       Pengembangan pasar (market development)
            Yaitu nama yang diberikan kepada suatu strategi pertumbuhan, di mana unit bisnis berusaha              untuk menjual produk produk yang telah ada di pasaran yang baru.
                Strategi :
a.       Geografis pasar baru misalnya produk ekspor ke negara yang baru
b.       Kemasan produk yang baru
c.       Saluran distribusinya yang baru
d.       Menerapkan kebijakan harga yang berbeda untuk menarik pelanggan baru atau membuat segmen pasar baru
  • 2.       Pengembangan produk (produk development)
        Yaitu strategi pertumbuhan di mana semua unnit bisnis memperkenalkan produk baru ke                 pasaran yang telah ada


a)      Pengembangan usaha
Adalah tugas dan proses persiapan analisis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi dan implementasi dari pertumbuhan usaha.
Cara :
1.       Go Public
Yaitu kegiatan penawaran saham atau efek lainnya yang dilakukan oleh emiten (perusahaan yang akan go public) untuk menjual saham kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya.
Penawarannya mencakup kegiatan:
a.       Periode pasar perdana yaitu efek ditawarkan kepada pemodal oleh penjamun emisi
b.       Penjatahan saham yaitu pengalokasian efek pesanan para pemodal sesuai dengan jumlah efek yang tersedia
c.       Pencatatan efek di bursa, yaitu saat efek tersebut mulai diperdagangkan di bursa
Tahap proses penawaran umum saham:
a.       Persiapan
Tahap paling awal, perusahaan yang akan menerbitkan saham lebih dahulu melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk meminta persetujuan para pemegang saham. Selanjutnya, emiten melakukan penunjukan penjamin pelaksana emisi serta lembaga dan profesi penunjang pasar, yaitu sebagai berikut:
1.       Penjamin Pelaksana Emisi
2.       Akuntan Publik
3.       Penilai
4.       Konsultan Hukum
5.       Notaris

b.       Pengajuan pernyataan pendaftaran
Dilengkapi dengan dokumen pendukung calon emiten menyampaikan pendaftaran kepada Bapepam-LK hingga Bapepam-LK menyatakan pernyataan pendaftaran menjadi efektif
c.       Penawaran saham
Emiten menawarkan saham kepada investor. Masa penawaran paling kurang 1 hari kerja, dan paling lama 5 hari kerja
d.       Pencatatan saham di bursa efek
Saham dicatatkan di Bursa Efek Indonesia
2.       Kartel
Adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Biasanya kartel timbul dalam kondisi oligopoli, di mana terdapat sejumlah kecil penjuala dengan jenis produk yang homogen
3.       Trust
Adalah peleburan beberapa badan perusahaan menjadi sebuah perusahaan yang baru sehingga diperoleh kekuasaan yang besar dan monopoli.
Contoh: Bank Mandiri, yaitu gabungan dari Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Pembangunan Indonesia, Bank Ekspor Impor Indonesia
4.       Holding company
Adalah suatu PT besar yang menguasai sebagian sero atau saham perusahaan lain.
5.       Joint venture
Adalah penggabungan beberapa badan usaha untuk mendirikan 1 bentuk usaha bersama dengan modal bersama pula, tujuannya unutk menggali kekayaan alam dan mendidik tenaga ahli untuk menghasilkan keuntungan yang besar.
6.       Merger
Adalah proses difusi / penggabungan 2 perseroan dengan 1 diantaranya tetap berdiro dengan nama perseroannya sementara,yang lain lenyap
7.       Akusisi
Adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain / oleh kelompok investor

2. Indikator Perkembangan Usaha
  • a)      Jumlah Pelanggan Dari Waktu Ke Waktu Mengalami Peningkatan
  • b)      Jenis Dan Jumlah Barang/Jasa Yang Dijual Semakin Bertambah
  • c)       Jangkauan Penjualan Semakin Luas
  • d)      Modal Yang Dimiliki Semakin Banyak
  • e)      Aset Usaha Barang Berharga Pun Bertambah

C.   Mengembangkan Bisnis Produk Perangkat Keras
1.       Tips Dalam Mengembangkan Usaha Perangkat Keras
Kunci dari pengembangan usaha yang stabil adalah berpikir dengan strategis. Kita harus memiliki strategi yang dirumuskan secara matang. Kita harus membuat keputusan jangka panjang

a.       Modifikasi Produk Lama Untuk Menciptakan Produk Baru
Misal, kamu adalah produsen gaming mouse dengan harga diatas 1 juta rupiah. Dilihat dari pernyataan tersebut, kita bisa menentukan bahwa produk mouse yang kamu buat akan menarik para gamer kelas menengah keatas. Untuk mengakomodasi gamer pada kelas menengah kebawah, kita bisa memodifikasi mouse buatan kita dengan komponen yang lebih murah.
B. Pertahankan Konsumen
                Mengembangkan usaha dengan cara mencari konsumen sebanyak mungkin sudah tidak efektif lagi, karena memakan biaya 5x lebih tinggi daripada biaya untuk mempertahankan konsumen lama. Maka dari itu sebagai produsen perangkat keras kita harus memperhatikan aspek-aspek dalam produk kita yang dapat memuaskan pelanggan lama.
C. Lakukan Segalanya Untuk Konsumen
                Jika kita ingin memperbarui komponen produk perangkat keras yang kita buat pastikan konsumen akan menyukainya.
D. Serahkan Pekerjaan Pada Ahlinya
                Alasannya :
1.       Kita harus sadar bahwa kita tidak akan membangun perangkat keras hanya dari kemampuan kita sendiri
2.       Kita harus menyadari bahwa dengan mempekerjakan mereka yang memang ahli, kita dapat meningkatkan performa produk

2.  Membuat Laporan Perkembangan Usaha

                Membuat laporan perkembangan usaha sangat penting bagi kita untuk mengetahui sejauh mana kesehatan usaha kita, selain itu laporan juga bisa dijadikan tanggung jawab jika kita meminjam dana kepada pihak peminjam.

Comments

Popular posts from this blog

BAB I a. Dasar- Dasar Mikrokontroller

PKK TKJ [ BAB I ] Perencanaan Produksi Massal Produk Perangkat Keras

BAB II Arsitektur Komputer